Selasa, 07 Juni 2016

Perilaku Proactive Engagment Di Seikitar Kita

Berbeda apabila dibandingkan dengan sebelum internet maupun sosial media menjangkiti kita, dahulu orang orang terdekat kita biasanya akan mengucapkan selamat ulang tahun pada anda. Apalagi apabila tak memiliki banyak teman, bisa jadi di hari perayaan ulang tahun anda sepi dari ucapan selamat. Namun dunia internet telah mengubah segalanya, anda tak dapat lagi sendiri untuk merayakan ulang tahun. kecuali apabila anda memang orang yan antisosial, sedikitnya teman teman yang ada di grup chat anda mungkin akan mengucapkan selamat pada anda di saat ulang tahun. apablagi apabila anda merupakan seseorang yang memiliki akun di sosial media, tentu ucapan selamat ulang tahun akan bertebaran di mana-mana. Termasuk pula orang orang yang tak kenal secara peribadi, merka pun akan mengucapkannya.
Yang membuat semarak dari perayaan ulang tahuk kita adalah ucapan dari situs situs online yang sering kita kunjungi, tempat kita sering belanja ataupun di mana kita menjadi memberi daripada komunitas. Mereka tak hanya mengucapkan selamat ualng tahun semata, akan tetapi juga akan memberikan reward pada kita dii hari tersebut.

Di hari ulang tahun ini pun mereka dapat mengetahui apa yang akan kita inginkan dan juga memberikan seperti diskon terkhusus apabila kita berminat untuk membeli produk barang tersebut.
Inilah yang dapat kita sebut sebagai proactive engagement. Sudah tak zamannya lagi para customer service hanya bertindak reaktif saja, dengan menungu adanya pertanyaan ataupun komlaon yang di alamatkan pada pelangan. Customer service tak lagi hanya sekedar untuk menjadi help desk, dengan bekerja ketika para pelanggan tengah membutuhkan suatu penanganan daripada customer service saja. Kebanyakan para customer service yang konvensional akan melakukan suatu reactive engagemnt.
Sebaliknya untuk, proactive engagement merupakan sebuah proses untuk merangkul pelanggan yang bersifat aktif mendahului dari reaksi pelanggan. Proactive engagement di dalam dunia service juga adalah penting untuk mengantisipasi beragam hal yang akan muncul dari konsumen. Sebelum konsumen tersebut bertanya, membeli ataupun komplain, proactive engagement sudah dapat dijalankan dan di aplikasikan.

Bentuk yang paling “primitive” daripada proactive engagement yaitu mengucapkan selamat pagi pada pelanggan. Bentuk yang sedikit maju yakni dengan mengucapkan nama pelanggan. Di atas itu merupakan bentuk pengucapan selamat ulang tahun. maka daripada itu artinya di benak para customer service sudah tak dapat langsung untuk membicarakan dan juga menawarkan beberapa produk spesifik yang dimintai oleh pelanggan tanpa si pelanggannya hendak bertanya. Dengan demikian maka customer service yang telah proactive dan sudah dapat memberikan masukan pada pelanggan sebelum mereka melakukan perilaku tertentu. Misalkan saja di saat menjelang ulang tahun, customer service telah memberikan diskon restoran mana yang biasanya dipakai untuk merayakan ulang tahun oleh para pelanggan.


0 komentar:

Posting Komentar